Visi, Misi dan Tujuan Program Studi Pendidikan Kimia Program Doktor

VISI


Visi Program Studi Pendidikan Kimia Program Doktor, Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta:
“Pengembangan Pedagogical Content Knowledge (PCK) terdukung kompetensi digital yang berorientasi Green Chemistry dan Responsible Citizen untuk peningkatan daya saing global”. Makna dalam visi tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Pedagogical Content Knowledge (PCK) ini bermakna bahwa Program Studi (PS) Doktor Pendidikan Kimia berkomitmen untuk mengembangkan pengetahuan dan praktik pedagogi yang spesifik untuk membelajarkan kimia secara tepat melalui penelitian yang dipublikasikan sehingga berdampak pada upaya peningkatan kualitas pendidikan kimia untuk menjawab tantangan abad 21.
  2. Kompetensi Digital ini dimaknai sebagai upaya mengakomodasi perkembangan globalisasi dan revolusi industri 4.0 maka PS Doktor Pendidikan Kimia berkomitmen menghasilkan penelitian dalam bidang pendidikan kimia yang siap menjawab tantangan masa kini.
  3. Green Chemistry bermakna bahwa dalam penelitian yang dikembangkan PS Doktor Pendidikan Kimia senantiasa ditujukan untuk memanfaatkan sumber daya alam yang ramah lingkungan untuk mendukung program pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan.
  4. Responsible Citizen memiliki makna bahwa pembelajaran dan penelitian di PS Doktor Pendidikan Kimia memfasilitasi penguatan relevansi pembelajaran kimia. terutama dalam dimensi vocational/profesional yang mendukung konsep science for all dalam mewujudkan responsible citizen untuk menjawab tantangan revolusi society 5.0.
  5. Berdaya Saing Global bermakna bahwa penelitian di PS Doktor Pendidikan Kimia diarahkan pada tren dan paradigma penelitian terkini yang berkembang di dunia internasional yang didukung dengan optimalisasi kearifan lokal sehingga mampu berperan dalam peningkatan kualitas pendidikan kimia dalam konteks global.

MISI


Misi Program Studi Pendidikan Kimia Program Doktor, Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA, Universitas Negeri Yogyakarta:

  1. Menyelenggarakan pendidikan setingkat Strata-3 (S-3) dengan keahlian pendidikan kimia yang mengembangkan kompetensi pada peserta didik tentang pedagogik, kepribadian sosial dan profesional yang handal ditingkat global, serta memiliki kompetensi dalam dunia kerja
  2. Berperan aktif dalam pengembangan pendidikan kimia yang berkaitan dengan teori dan praktek, dan penelitian dalam bidang  subject matter pedagogik, subject matter content knowledge, kurikulum, evaluasi-penilaian dan teknologi pembelajaran.
  3. Berperan aktif dalam pengembangan kompetensi dasar bidang pendidikan kimia berdasarkan tujuh kategori dasar kompetensi untuk guru professional: subject matter content knowledge, pedagogical content knowledge (PCK), curriculum knowledge, general knowledge of learners, pedagogical knowledge, knowledge of educational contexts dan knowledge of educational ends
  4. Mengembangkan kemampuan komunikasi konsep saintifik melalui tulisan dalam bentuk artikel ilmiah nasional dan internasional dan mempresentasikan hasil kajian atau hasil penelitian pada komunitas nasional dan internasional.
  5. Mengembangkan penelitian orisinal yang dapat memicu pengetahuan baru tentang pendidikan kimia.
  6. Menjalin kerja sama dengan institusi di dalam dan luar negeri berdasarkan ekualitas untuk mendukung pengembangan kelembagaan
  7. Berperan aktif dalam penerapan ilmu pendidikan kimia pada masyarakat.

TUJUAN


Tujuan Program Studi Pendidikan Kimia Program Doktor, Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta:

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki keunggulan dalam mengembangkan dan mempraktikkan PCK untuk membelajarkan kimia secara tepat dengan dukungan kompetensi digital
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan melakukan penelitian pendidikan kimia yang berorientasi pada peningkatan relevansi pembelajaran kimia dan pembangunan berkelanjutan
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu mengimplementasikan pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam pendidikan kimia untuk menjadi warga negara yang bertanggung jawab (responsible citizen)
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu mempublikasikan hasil penelitian pendidikan kimia yang berwawasan global di jurnal internasional bereputasi