Capaian Pembelajaran

A. Sikap dan Tata Nilai


  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik dalam menyelesaikan tugasnya.
  2. Berperan sebagai warga Negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia.
  3. Mampu bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya dan dapat menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan original orang lain.
  4. Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa dan masyarakat.
  5. Mampu menginternalisasi nilai dan norma akademik yang benar terkait dengan kejujuran, etika, atribusi, hak cipta, kerahasiaan dan kepemilikan data.
  6. Mampu menginternalisasi semangat kewirausahaan.

B. Kemampuan Kerja


  1. Menerapkan dan mengembangkan pengetahuan dan teknologi dalam bidang pendidikan kimia melalui penalaran dan penelitian ilmiah berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif.
  2. Mengembangkan pendidikan kimia melalui penelitian ilmiah, atau menghasilkan karya ilmiah beserta konsep kajian yang didasarkan pada kaidah ilmiah yang disusun dalam bentuk disertasi.
  3. Mempublikasikan hasil penelitian bidang pendidikan kimia pada prosiding dan jurnal ilmiah internasional bereputasi.
  4. Meningkatkan kapasitas pembelajaran mandiri.
  5. Memiliki kemampuan belajar yang terstruktur untuk pengembangan diri, keilmuan, dan keberlanjutan karier.
  6. Mampu berfikir kritis, dan mengambil keputusan secara tepat, serta berkomunikasi efektif, akademis, dan etis.

C. Penugasan Pengetahuan


  1. Mendokumentasikan, mengelola, menyimpan, mengaudit, dan mengamankan data hasil penelitian di bidang pendidikan kimia untuk keperluan penelitian lanjutan yang berada di bawah tanggung jawabnya.
  2. Mampu menyusun penelitian pendidikan kimia, dengan pendekatan interdisipliner, multidisipliner atau transdisipliner termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen pada bidang keilmuan, teknologi, seni dan inovasi yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan makalah yang diterbitkan di jurnal internasional bereputasi.
  3. Melaksanakan penelitian pendidikan kimia berbasis peta penelitian, dengan pendekatan interdisipliner, multidisipliner atau transdisipliner secara mandiri maupun bekerjasama dengan lembaga lain.
  4. Mampu memilih penelitian bidang pendidikan kimia yang tepat guna, terkini, termaju, dan memberikan kemaslahatan pada umat manusia melalui pendekatan interdisipliner, multidisipliner, atau transdisipliner, dalam rangka mengembangkan dan/atau menghasilkan penyelesaian masalah di bidang keilmuan, teknologi, dan kemasyarakatan, berdasarkan hasil kajian tentang ketersediaan sumber daya internal maupun eksternal.
  5. Mampu mengembangkan peta jalan penelitian bidang pendidikan kimia dengan pendekatan interdisipliner, multidisipliner, atau transdisipliner, berdasarkan kajian tentang sasaran pokok penelitian dan konstelasinya pada sasaran yang lebih luas.

D. Kewenangan dan Tanggungjawab


  1. Mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian di bidang pendidikan kimia yang lebih luas (di luar lembaga).
  2. Mampu menyusun argumen dan solusi keilmuan, teknologi atau seni di bidang pendidikan kimia berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik serta mengkomunikasikannya melalui media massa atau langsung kepada masyarakat.
  3. Mampu menunjukkan kepemimpinan akademik dalam pengelolaan pengembangan dan pembinaan sumber daya serta organisasi yang berada di bawah tanggung jawabnya.